Persiapan Bagi Siswa SMA yang Memilih Jurusan Teknik Informatika



Persiapan Bagi Siswa SMA yang Memilih Jurusan Teknik Informatika


Bagi anda siswa SMA yang akan melanjutkan pendidikannya di bangku perkuliah pasti anda akan memikirkan persiapan apa saja yang perlu dilakukan dan disediakan untuk menunjang perkuliahan nanti. Disini kita akan membahas apa saja Persiapan Bagi Siswa SMA yang Memilih Jurusan Teknik Informatika.

Sebelum lanjut pembahasan alangkah sangat berterima kasih bila anda mau melakukan klik pada iklan diatas ataupun dibawah artikel ini, terima kasih.

Baik, tulisan ini berdasarkan pengalaman penulis yang memilih melanjutkan pendidikannya pada jurusan Teknik Informatika. Sebelum mengetahui apa saja yang perlu dilakukan dan disediakan, kita akan membahas seperti apa keadaan nanti ketika perkuliahan di dunia Informatika. Saat ini semua hal tentu sudah tidak asing dengan kehadiran teknologi, seakan tanpa teknologi kita tidak dapat melakukannya dengan mudah. Jadi, sebagai mahasiswa Teknik Informatika kita perlu berbangga karena semua hal akan membutuhkan kita dimasa depan nanti.

Diperkuliahan semester awal informatika kita akan melalui mata perkuliahan umum seperti saat di SMA, sehingga saat ini yang perlu kita persiapkan adalah memulai memahami dan beradaptasi dengan baik dilingkungan perkuliahan. Pada semester pertengahan dan ke atas akan mulai terasa melalui mata kuliah yang sudah mengarah pada pemrograman, analisis dan logika. Hingga kita perlu banyak mencoba segala hal sehingga kita dapat memahaminya secara detail, misal dalam pembuatan aplikasi, masih banyak mahasiswa yang hanya bisa membuat aplikasi namun mereka tidak memahaminya secara detail. Hingga ketika menghadapi kasus yang berbeda ia akan merasa sulit untuk menerapkan sistem yang akan dirancangnya.

Di Informatika kita akan belajar algoritma pemrograman, analisis desain sistem, keamanan informasi, pemrograman tingkat lanjut dan masih banyak lagi. Nah kali ini hal yang perlu kita siapkan antara lain :

1. Laptop
Kita akan membutuhkan laptop dengan spesifikasi yang cukup, misal dengan Intel i3 RAM 4 Hardisk 1TB. Namun apabila anda tertarik dengan bidang ilmu seperti pemrograman mobile (android), maka sangat diusahakan untuk memilih dengan spesifikasi yang lebih tinggi karena mengingat software yang akan kita pakai untuk membangun aplikasi android membutuhkan spesifikasi yang tinggi.

2. Internet
Ketika anda memasuki dunia perkuliahan, internet merupakan kebutuhan pasti yang harus anda miliki setiap waktu. Dalam membangun aplikasi anda perlu referensi dan informasi-informasi ketika terjadi error, maka peran internet merupakan yang paling penting untuk mengatasinya. Jadi, penulis menyarankan jika anda akan berkuliah di kota lain pilihlah kost yang menyediakan wifi agar hemat.

3. Pengetahuan Dasar tentang Informatika
Dalam perkuliahan kita tidak akan diberikan pengajaran mulai dari dasar melainkan kita perlu mengembangkan sendiri dari materi yang diajarkan oleh dosen. Untuk mengatasi hal tersebut, baiknya bagi anda siswa SMA yang ingin memilih jurusan Teknik Informatika akan lebih baik anda memperlajari pengetahuian dasar tentang informatika terlebih dahulu. Seperti belajar membuat website sederhana, belajar HTML, CSS, JS, PHP secara dasar mulai dari CRUD (Create, Read, Update, Delete), mulai berkenalan dengan software untuk membangun aplikasi (Seperti Android Studio, Sublime, XAMPP, Visual Studio). Dengan begitu ketika anda mulai masuk anda akan dapat lebih mudah mengembangkan dari pengetahuan yang sudah anda miliki saat ini.

4. Smartphone
Ya, mungkin bagi beberapa orang smartphone merupakan kewajiban seseorang saat ini, sebagai alat komunikasi. Namun perlu kita perhatikan bahwa saat mulai perkuliahan manfaatkanlah smartphone anda untuk lebih mengarah pada fokus bidang ilmu teknologi. Mulailah dengan menggunakan smartphone untuk membookmark website yang menjadi referensi aplikasi yang ingin kita wujudkan dapat diciptakan oleh kita sendiri.

5. Interaksi Sosial
Bagi beberapa orang akan merasa bahwa mahasiswa dibidang IT akan cenderung diam, namun hal tersebut adalah tindakan yang salah. Seharusnya sebaliknya, kita harus belajar melakukan interaksi sosial yang baik sehingga dapat persaingan dimasa depan kita akan lebih mampu menguasai keadaan.

6. Buku Bidang Informatika
Nah untuk anda yang gemar membaca pasti anda perlu hal ini, karena dengan anda memiliki buku sendiri anda akan dengan mudah melihat kembali hal-hal yang bermanfaat dalam pengembangan aplikasi anda. Dan paling penting ketika anda memiliki buku sendiri maka dalam proses Tugas Akhir ataupun Skripsi akan lebih mudah karena sudah memiliki referensi sendiri.

7. Update Perkembanga Teknologi
Tentu karena kita belajar dibidang teknologi informasi, maka sangatlah penting kita mengupdate informasi perkembangan yang sudah dilalui didunia ini. Sehingga kita dapat mengejar ketertinggalan yang selama ini kita hadapi di era persaingan yang sangat berat.

Demikian itu semua beberapa hal yang perlu dilakukan dan dipersiapakan dalam menghadapi perkuliahan di Teknik Informatika, semoga dengan ini anda mendapatkan inspirasi untuk bisa lebih mempersiapkan diri dari orang lain. Jadilah yang terbaik dan sukses!

Sebelum pamit alangkah sangat berterima kasih bila anda mau melakukan klik pada iklan diatas ataupun dibawah artikel ini, terima kasih.

oleh Dafizara

0 Comments

Posting Komentar

Komentar anda sangat dibutuhkan bagi kemajuan kami untuk terus berkarya.
Diharapkan :
* Berkomentarlah dengan bahasa yang baik
* Tidak ada unsur SARA, SPAM, PORNO
* Tidak merugikan orang lain
* Menunjukkan identitas yang jelas bukan Anonim

Diperkenankan :
* Komentar promosi link web anda
* Kritik & Saran

[Protected] by DMCA Protection Pro™