Jenis dan Macam Sakit Mata Menular Serta Pengobatannya




Jenis dan Macam Sakit Mata Menular Serta Pengobatannya
mommyish.com
Rafi Orilya, Anda sering merasakan mata anda sakit, merah atau hal lain yang tidak wajar? Mungkin anda mengalami sakit mata, penyakit mata ada banyak macam jenisnya, ada yang menular dan ada yang tidak menular.

Menurut dokter, biasanya penyakit mata menular penyebabnya adalah bakteri atau virus dan yang tidak menular penyebabnya dari keturunan atau mungkin bisa karena alergi. Setiap jenis sakit mata cara menanganinya sangatlah berbeda, nah selanjutnya akan dijelaskan Jenis dan Macam Sakit Mata Menular Serta Pengobatannya

1. Trakoma
Trakoma adalah penyakit mata yang dapat menular dan merupakan salah satu penyebab kebutaan. Trakoma disebabkan oleh bakteri Chlamydia trachomatis dengan lalat sebagai perantaranya. Trakoma lebih sering terjadi di negara-negara dengan tingkat kebersihan yang rendah dan iklim yang kering dan panas seperti negara-negara di benua Asia dan Afrika. Selain itu, trakoma juga sering meyerang anak-anak dan pada akhirnya menyebabkan kebutaan yang tidak dapat diobati puluhan tahun kemudian.

# Ciri-ciri dan dampak
Trakoma ditandai dengan mata yang merah, berair, dan terasa gatal. Jika dibiarkan, maka kelopak mata juga akan terlipat ke dalam (trikiasis) sehingga bulu mata bergesekan langsung dengan bola mata. Keadaan ini menyebabkan bola mata mengalami luka atau bahkan radang pada kornea (keratitis). Infeksi yang berulang-ulang akan berujung pada pembentukan parut kornea dan kebutaan.

# Pencegahan dan pengobatan
Trakoma dapat dicegah dengan menjaga kebersihan pribadi dan lingkungan untuk mengurangi perkembangan lalat pembawa bakteri. Bila sudah terinfeksi, maka penderita trakoma harus menjalani kemoterapi tropikal menggunakan tetrasiklin atau eritromisin. Pengobatan termasuk tindakan bedah.

2. Konjungtivitis
Konjungtivitis merupakan penyakit mata dimana penyebabnya adalah bakteri dan virus. Konjungtivitis lebih merujuk pada peradangan selaput mata (conjunctiva) yaitu lapisan terluar mata dan permukaan bagian dalam kelopak mata. Konjungtivitis vernalis adalah salah satu bentuk dari konjungtivitis yang disebabkan oleh faktor alergi, disamping juga dipengaruhi oleh faktor, yakni; iklim, usia, dan jenis kelamin.penyakit ini biasanya mengenai pasien muda antara 3-25 tahun. Pada laki-laki biasanya dimulai pada usia dibawah 10 tahun. Pada umumnya penderita konjungtivitis vernalis mengeluh gatal, mata merah, dan mengeluarkan sekret atau kotoran. Konjungtivitis karena virus atau alergi mengeluarkan kotoran yang jernih.

# Gejala
Mata terasa kasar dan gatal, merah dan mungkin berair. Kelopak mata mungkin menempel sewaktu bangun tidur. Konjungtiva yang mengalami iritasi akan tampak merah dan mengeluarkan kotoran. Konjungtivitis karena bakteri mengeluarkan kotoran yang kental dan berwarna putih. Konjungtivitis karena virus atau alergi mengeluarkan kotoran yang jernih.
Kelopak mata bisa membengkak dan sangat gatal, terutama pada konjungtivitis karena alergi.

Gejala lainnya adalah:
- mata berair
- mata terasa nyeri
- mata terasa gatal
- pandangan kabur
- peka terhadap cahaya
- terbentuk keropeng pada kelopak mata ketika bangun pada pagi hari.

# Pencegahan
1. Konjungtivitis mudah menular, karena itu sebelum dan sesudah membersihkan atau mengoleskan obat, penderita harus mencuci tangannya dengan bersih.
2. Usahakan untuk tidak menyentuh mata yang sehat sesudah menangani mata yang sakit.
3. Jangan menggunakan handuk atau lap bersama-sama dengan penghuni rumah lainnya.
4. Gunakan lensa kontak sesuai dengan petunjuk dari dokter dan pabrik pembuatnya.

# Pengobatan
Apabila penyebab dari penyakit mata merah (konjungtivitis) adalah bakteri, biasanya sang dokter akan memberikan obat antibiotik seperti obat tetes mata untuk penderita anak-anak maupun dewasa. Tetapi jika penderitanya masih bayi, maka biasanya dokter akan memberikan salep untuk mengatasi penyakit mata merah (konjungtivitis) tersebut. Sedangkan jika virus sebagai penyebab timbulnya mata merah (konjungtivitis), maka penyakit ini tidak bisa disembuhkan dengan antibiotik, bahkan belum ada obat penyembuhnya. Biasanya dokter hanya memberikan tetes mata penyegar, penderita biasanya akan mengalami infeksi sekitar kurang lebih satu hingga dua minggu, kemudian berangsur – angsur sembuh dengan sendirinya.

Demikian penjelasan dari Jenis dan Macam Sakit Mata Menular Serta Pengobatannya, semoga dapat lebih menambah pengetahuan anda dalam menjaga kesehatan dari mata anda.

Apakah anda seorang wanita sudah menikah? artikel ini dapat bermanfaat untuk anda Cara Mudah Merapatkan Vagina Secara Alami

Artikel lain yang dapat bermanfaat untuk anda para wanita Jenis, Penyebab dan Pencegahan Keputihan Pada Wanita WAJIB TAU

4 komentar

  1. Wah, harus dirawat baik2 lagi nih mata saya agar terhindar dari penyakit-penyakit di atas. Kunjungi blog saya: http://tech-berita.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya gan betul tuh, jangan sampai kena tuh penyakit :)

      Hapus
  2. gua si biasanya obat tetes mata aja
    tapi gua mau tanya mata keranjan itu gara" nya apa ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, kadang untuk mata iritasi hanya memakai obat tetes mata langsung sembuh. Tapi pada sakit mata diatas, tidak hanya cukup pakai tetes mata. Mata keranjan itu ciri-cirinya apa ya mas? Atau maksud masnya mata keranjang? :D

      Hapus

Komentar anda sangat dibutuhkan bagi kemajuan kami untuk terus berkarya.
Diharapkan :
* Berkomentarlah dengan bahasa yang baik
* Tidak ada unsur SARA, SPAM, PORNO
* Tidak merugikan orang lain
* Menunjukkan identitas yang jelas bukan Anonim

Diperkenankan :
* Komentar promosi link web anda
* Kritik & Saran

[Protected] by DMCA Protection Pro™
EmoticonEmoticon