Manfaat dan Faedah Peletakan Bunga Diatas Kubur (Fakta Hidup)

Manfaat dan Faedah Peletakan Bunga Diatas Kubur



Sering kita lihat sesudah pemakaman mayyit, kemudian diatas makam itu ditaburi bunga dan diletakkan diatasnya beberapa karangan bunga atau pada waktu orang berziarah ke kubur  sama membawa bunga untuk diletakkan diatas makam. Pelatakkan bunga atau karangan bunga diatas makam itu sungguh besar guna dan faedahnya bagi si mayyit. Lain halnya dengan penaburan bunga di jalan sepanjang jalan yang dilalui jenazahnya, maka hal itu tidak ada faedahnya bagi si mayyit, bahkan sebaiknya bunga itu diletakkan saja diatas makamnya setelah selesai pemakaman.

Sesuai dengan guna dan faedahnya, maka hendaknya diusahakan bunga yang tidak lekas layu dan kering justru selama bunga itu masih basah dan belum kering, maka si mayyit akan merasakan guna dan faedahnya, sebagaimana tersebut dalam hadist Nabi Muhammad SAW, yang artinya sebagai berikut :

Baginda Nabi Muhammad SAW telah melewati dua kubur yang sedang disiksa mayyitnya, beliau bersabda : Sesungguhnya kedua kubur itu sedang disiksa dan bukannya ia disiksa karena melakukan dosa besar. Salah satu diantaranya disiksa karena ia tidak menjaga diri dari air kencing (tidak menjaga diri, pakaiannya dari percikan air kencing). Sedang yang lain disiksa karena ia berkeliaran dengan adu-domba. Maka Beliau mengambil pelepah  kurma yang masih basah lalu dibelahnya menjadi dua. Kemudian ditancapkan masing-masing dikuburan itu. Para Sahabat sama bertanya. Untuk apakah engkau Ya Rasulullah berbuat demikian ? jawab Beliau : Semoga Allah meringankan siksa daripadanya selama kedua belah plepah masih basah”.



Oleh : H. M. Parlindungan S.

Artikel Bersangkutan :

(Artikel Dilindungi)
Sertakan alamat blog ini jika mengcopy paste.
Hak Cipta Dilindungi

Terima Kasih
Rafi Orilya Groups
by Rafi Aldiansyah Asikin

5 komentar

Komentar anda sangat dibutuhkan bagi kemajuan kami untuk terus berkarya.
Diharapkan :
* Berkomentarlah dengan bahasa yang baik
* Tidak ada unsur SARA, SPAM, PORNO
* Tidak merugikan orang lain
* Menunjukkan identitas yang jelas bukan Anonim

Diperkenankan :
* Komentar promosi link web anda
* Kritik & Saran

[Protected] by DMCA Protection Pro™
EmoticonEmoticon