Padang Makhsyar Tempat Berkumpulnya Seluruh Makhluk (Alam Akhirat)

Padang Makhsyar Tempat Berkumpulnya Seluruh Makhluk



Diriwayatkan bahwa orang-orang kafir digiring dengan telapak kaki mereka, sedangkan orang-orang mukmin digiring dengan kurban mereka (binatang kurban atau harta yang disedekahkan). Sebagaimana dijelaskan Allah dalam firmanNya :

“(Ingatlah) hari (ketika) kami mengumpulkan orang-orang yang takwa kepada Tuhan Yang Pemurah sebagai putusan yang terhormat”.

“Dan Kami akan menghalau orang-orang yang durhaka ke neraka Jahanam dalam keadaan bahagia”.
(Surat Maryam: 85, 86)

Ali r.a. berkata : “Orang –orang mukmin dikumpulkan dengan mengendarai kurbannya (binatang kurbannya) pada hari kiamat”. Allah berfirman : “Wahai MalaikatKu, jangan kamu kumpulkan hambaKu yang berjalan itu, tapi naikkan mereka pada binatang kurbannya, sebab mereka telah biasa naik waktu di dunianya. Tempat naik yang pertama adalah rusuk bapaknya, kemudian perut ibunya, menjadi tempat naik mereka selama 9 bulan. Ketika ibunya melahirkan ia berada dalam pangkuan ibunya selama 2 tahun untuk menyusu. Setelah dewasa punggung bapaknya menjadi tempat naik mereka. Setelah itu, kuda, keledai dan khimar menjadi tempat naik mereka didaratan, sedangkan perahu adalah tempat naik mereka dilautan”.

Sewaktu mereka bangkit dari kuburnya, maka kamu jangan menjalankan mereka dengan kaki, sebab orang-orang mukmin itu tidak mampu berjalan dengan perjalanan yang jauh, maka berikanlah mereka kendaraan “Najaib”, yaitu bintang kurban, sehingga mereka dapat saling mendahului untuk menghadap Tuhan Yang Maha Agung lagi Maha Mulia”.

Oleh sebab itu, beliau bersabda : “Besarkan binatang kurbanmu, sebab binatang kurban itu besok pada hari kiamat akan menjadi kendaraanmu”. Maksudnya yang akan kamu naiki kelak dihari kiamat.


Oleh : Salim Hadad

Terima Kasih
Rafi Orilya Groups
by Rafi Aldiansyah Asikin

2 komentar

  1. Di padang inilah kita memikirkan diri sendiri, seperti yang pernah diceritakan oleh guru agama saya.

    BalasHapus
  2. Hmm.. ane kurang tau mas.. soalnya bukan agama islam hehe.. tapi izin baca dulu deh..

    BalasHapus

Komentar anda sangat dibutuhkan bagi kemajuan kami untuk terus berkarya.
Diharapkan :
* Berkomentarlah dengan bahasa yang baik
* Tidak ada unsur SARA, SPAM, PORNO
* Tidak merugikan orang lain
* Menunjukkan identitas yang jelas bukan Anonim

Diperkenankan :
* Komentar promosi link web anda
* Kritik & Saran

[Protected] by DMCA Protection Pro™
EmoticonEmoticon