Google Doodle Rayakan HUT Penemu Microchip "New Nest Computer MIcroChip"

Google Doodle Rayakan HUT Penemu Microchip




Sudahkah anda membuka google hari ini ? Desain kreatif Google yang dikenal dengan Google Doodle, kembali lagi merayakan ulang tahun Robert Noyce yang ke 84. Dialah orang ternama, seorang tokoh yang sangat penting dalam dunia teknologi, penemu integrated circuit atau sirkuit terpadu atau sirkuit terpadu monolitik (juga disebut sebagai IC, chip, atau microchip), yaitu sebuah sirkuit elektronik yang diproduksi oleh difusi berpola dari jejak elemen ke permukaan substrat yang tipis dari materi semikonduktor. Bahan tambahan tersimpan dan berpola untuk membentuk interkoneksi antara perangkat semikonduktor.


Saya tidak dapat membayangkan apabila teknologi microchip tidak ditemukan, mungkin saja peralatan yang kita gunakan seperti komputer atau telepon tidak bisa ditenteng kemana-mana dalam bentuk yang lebih sederhana, belum lagi dalam soal harganya. Sirkuit terintegrasi digunakan pada hampir semua peralatan elektronik saat ini dan telah merevolusi dalam dunia elektronik. Komputer , ponsel , dan peralatan digital lainnya yang kita kenal saat ini adalah bagian dari struktur masyarakat modern, semua itu ada, dapat kita beli dengan harga terjangkau karena rendahnya biaya produksi dari sebuah sirkuit terpadu (integrated circuit).


Robert Noyce didaulat sebagai penemu sirkuit terpadu alias microchip bersama dengan Jack Kilby. Mereka adalah pelopor industri komputer, Robert Noyce adalah Fairchild Semiconductor Corporation (1957) dan Intel (1968). Di Fairchild Semiconductor, dia adalah General Manager, di situ Robert Noyce menemukan microchip dan menerima US patent # 2.981.877 (Semiconductor Device and Lead Structure, filed July 1959, issued April 1961, assigned to Fairchild Semiconductor)


Di Intel, Robert Noyce mengelola dan mengawasi kelompok penemu yang kemudian menemukan penemuan revolusioner yaitu mikroprosesor .


Biografi Robert Noyce

  


Robert Noyce lahir pada tanggal 12 Desember 1927 di Burlington, Iowa. Dia meninggal pada tanggal 3 Juni 1990 di Austin, Texas. Dia juga dijuluki “Walikota Silicon Valley”.


Pada tahun 1949, Noyce menerima gelar BA dari Grinnell College di Lowa. Pada tahun 1953, ia menerima gelar Ph.D. dalam elektronik fisik dari Institut Teknologi Massachusetts.


Robert Noyce bekerja sebagai peneliti untuk Philco Korporasi sampai tahun 1956, ketika Noyce mulai bekerja untuk Laboratorium Shockley Semiconductor di Palo Alto, California, ia membuat transistor .


Pada tahun 1957, Robert Noyce mendirikan Fairchild Semiconductor Corporation, dan pada tahun 1968, Noyce mendirikan Intel Corporation dengan Gordon Moore .


Penghargaan yang Diterima Robert Noyce


Robert Noyce adalah penerima medali Stuart Ballantine dari Institut Franklin untuk pengembangan sirkuit terpadu. Pada tahun 1978, dia menerima penghargaan Brunetti Cledountuk sirkuit terpadu. Pada tahun 1978, ia menerima Medali Kehormatan IEEE. Pada tahun 1979, ia dianugerahi National Medal of Science. Untuk menghormatinya, IEEE kemudian mengadakanRobert N. Noyce Medal untuk kontribusi luar biasa dalam industri mikroelektronika.


Noyce adalah seorang pemegang gelar kehormatan dan penghargaan. Presiden Ronald Reagan memberikan kepadanya National Medal of Technology pada tahun 1987. Pada tahun 1990, Noyce bersama dengan Jack Kilby, penemu transistor John Bardeen, dan beberapa selebriti lainnya, menerima “Lifetime Achievement Medal” selama perayaan dua abad UU Paten.


Penemuan Robert Noyce yang lain


Menurut biografi IEEE nya, ” Robert Noyce memegang 16 paten Robert Noyce, yaitu pada metode semikonduktor, perangkat dan struktur, termasuk aplikasi dari photoengraving untuk semikonduktor, dan menyebar-persimpangan isolasi untuk IC. Dia juga memegang paten dasar yang berhubungan dengan skema interkoneksi logam..”


Sumber: Wikipedia.org dan inventors.about.com


Oleh: Valentino, Kompasiana*

3 komentar

  1. Wih ternyata ini orang yang nemu ya.. nais inpho

    BalasHapus
  2. orangnya kaya astein ya heheh, ampun deh gantengnya :)

    BalasHapus
  3. Keren informasiya bang, menambahw wawasan hehe :D

    BalasHapus

Komentar anda sangat dibutuhkan bagi kemajuan kami untuk terus berkarya.
Diharapkan :
* Berkomentarlah dengan bahasa yang baik
* Tidak ada unsur SARA, SPAM, PORNO
* Tidak merugikan orang lain
* Menunjukkan identitas yang jelas bukan Anonim

Diperkenankan :
* Komentar promosi link web anda
* Kritik & Saran

[Protected] by DMCA Protection Pro™
EmoticonEmoticon